Berbekal Pengetahuan dari Vietnam, Petani Desa Namang Bangka Tengah berhasil Panen Lada

Sebagai ungkapan apresiasi, Bupati Erzaldi turut serta dalam panen perdana lada di kebun milik Sawon di Desa Namang, Selasa (25/8/2015)

Sementara petani Sawon, mengatakan hasil panen kebun ladanya ini menjadi banyak yaitu 4 kilogram perbatangnya karena ia menggunakan junjung hidup (dadap) sebagai junjung tanaman ladanya. Memakai junjung hidup ini ia dapat dari hasil kunjungannya bersama petani lada Bangka Tengah ke Vietnam yang diprakarsai oleh Bupati Bangka Tengah beberapa waktu yang lalu.

“Alhamdulillah dengan memakai junjung hidup ini hasil panen lada kami cukup banyak yaitu 4 kilogram per batangnya. Memakai junjung hidup ini kami dapat dari hasil kunjungan kami bersama pak Bupati ke Vietnam beberapa waktu yang lalu,” kata Sawon.

Menurutnya selama ini kebanyakan petani lada yang ada di Bangka ini memakai junjung untuk tanaman lada ini adalah junjung hidup. Namun jika dibandingkan hasil panennya ternyata lebih banyak junjung hidup ini.

“Kami sangat bersyukur sekali karena telah di ajak oleh pak Bupati ke Vietnam karena kami dapat ilmu baru mengenai junjung lada yaitu junjung hidup. Untuk jarak tanam saya buat 4 meter dengan tinggi batang 5 meter,” ujar Sawon.

Kebun lada pak Sawon sebanyak 3000 batang dan bibitnya merupakan lada Bangka dengan jenis lada lampung lokal. (Hen/LG/FS)

Sumber: 
RRI.co.id
Penulis: 
Lalang Gumilang
Editor: 
Ferdy Suhardy
Bidang Informasi: 
Pemdes