Kondisi Administrasi

Desa Pinang Sebatang masuk wilayah Kecamatan Simpangkatis dengan Luas Wilayah + 1135,319 Hektar. Kepadatan penduduk Desa Pinang Sebatang saat ini mencapai 1.415 Jiwa penduduk tetap dengan jumlah pemilih yang telah terdaftar 900 jiwa di tahun 2015.

Letak Geografis Desa Pinang Sebatang berada di Sebelah Barat Kabupaten Bangka Tengah, mengingat keadaaan wilayah Desa Pinang Sebatang merupakan daerah pertanian mencapai 80 % dari luas Desa Pinang Sebatang, maka keseharian masyarakat Desa Pinang Sebatang adalah bercocok tanam, bertani/berkebun, buruh bangunan, beternak ayam dan yang lainnya.

Disepanjang jalan raya dan jalan pedesaaan terlihat masyarakat telah aktif bertani, menanam karet dengan cara yang baik. Namun hasil pertanian maupun perkebunan masyarakat belum bisa mensejahterakan sepenuhnya dikarenakan kendala utama yaitu naik turunnya harga perdagangan yang terkadang tidak sebanding dengan harga kebutuhan pokok masyarakat di Desa Pinang Sebatang. 

Jarak tempuh dari Desa Pinang Sebatang ke ibukota Kecamatan Simpangkatis sejauh +6 Kilo meter dengan jarak tempuh sekitar 10 menit. Kondisi jalan utama dan jalan desa saat ini sangat bagus dengan adanya perbaikan di tahun 2012. Sementara jarak dari Desa Pinang Sebatang ke ibukota Kabupaten Bangka Tengah yaitu Koba sejauh 60 kilometer dengan waktu tempuh diperkirakan sekitar 60 menit.