Kondisi Geografis

Kegiatan Ekonomi Desa selama ini masih di dominasi oleh sektor Pertanian, mengingat Wilayah Desa Pinang Sebatang 74% Perkebunan dan Pertanian dan 20% adalah berbagai fungsi. Namun dari pesatnya pertanian Desa belum sepenuhnya membuahkan hasil yang optimal.

Hal ini disebabkan masih kurangnya dana penunjang, namun tingkat pendapatan masyarakat belum sepenuhnya mencukupi kebutuhan hidup karena harga barang tidak sebanding dengan penghasilan yang didapat mereka, serta minimnya bekal keterampilan, upah buruh yang masih kecil serta mahalnya harga barang – barang kebutuhan sembako.

Keadaan tersebut tidak hanya terjadi di Wilayah Desa Pinang Sebatang namun di Wilayah lain juga keadaannya sama.

1. Luas dan Hasil Perkebunan Menurut Jenis Komoditas

  • Lada                :109 Ha 38 Ton/Th
  • Kelapa sawit    : 80Ha 400 Ton/Th
  • Karet               : 750 Ha 316 Ton/Th
  • Kelapa             : 3 Ha 20 Ton/Th
  • Coklat              : 3 Ha 1 Ton / Th

2. Peternakan

Peternakan merupakan salah satu unggulan masyarakat Pinang Sebatang adapun jenis peternakan di Desa Pinang Sebatang seperti : ayam kampung, broile, bebek dan angsa

Jenis Ternak
Jumlah Pemilik
Perkiraan Jumlah Populasi

Ayam Kampung
100 KK
250 eko

Ayam Broile
4 KK
2500 ekor

Bebek
40 KK
100 ekor

Angsa
1 KK
6 ekor

Jumlah
145 KK
2856 ekor

3. Perikanan

Disamping Perkebunan dan Peternakan salah satu sektor penunjang pendapatan penduduk di Desa Pinang Sebatang adalah perikanan terutama, Lele, Nila, Patin, Mujair.Pada tahun 2008 Desa telah bekerja sama dengan Pemerintah Daerah untuk membantu Desa dalam sektor perikanan yaitu bantuan pembuatan tambak bagi masyarakat dengan luas 1 Ha.

Berikut Tabel Produksi Perikanan.

Jenis Ikan
Jumlah Pemilik
Jumlah Hasil yang di dapat

Nila
10 KK
1 ton/tahun

Lele
10 KK
1 ton/tahun

Patin
8 KK
0,5 ton/tahun

Mujair
5 KK
0,5 ton/tahun

B. Pertumbuhan Ekonomi Masyarakat

Dengan berkembangnya program upaya pengentasan kemiskinan dari Pemerintah atas, yang ujungnya masyarakat Desa merupakan sasaran / objek Pelaksananya, maka program tersebut mampu membantu dan mendorong masyarakat untuk memperbaiki perekonomiannya.

Hal ini terbukti dengan adanya raskin, blsm, maupun pinjaman lunak untuk usaha kecil dan menengah masyarakat maka masyarakat Desa Pinang Sebatang angka kemiskinannya menurun setiap tahunnya.

Selain bantuan dari Pemerintah potensi – potensi yang ada di Desa juga sangatlah membantu dalam pertumbuhan perekonomian Desa. Perekonomian Desa masih didominasi oleh sektor pertanian selain mengelola pertanian masyarakat juga memelihara ternak ayam, itik dan ikan adapun pertumbuhan ekonomi Desa dapat disesuaikan dalam data profil Desa 2014 yang disebutkan bahwa :

• Potensi umum : potensi sedang

• Potensi sumber daya alam : potensi sedang

• Potensi sumber daya manusia : potensi sedang

• Potensi kelembagaan : Baik

Sarana dan prasarana : potensi sedang